Kamis, 13 September 2012

Hal-hal Penting yang Harus Diketahui Para Calon Ibu di Masa Awal Kehamilan

Pada setiap kunjungan dokter atau bidan akan melakukan pemeriksaan sebagai berikut:
- Pemeriksaan terhadap ibu, meliputi: tekanan darah, penambahan berat badan, keluhan-keluhan ibu, pemeriksaan perut (tinggi rahim), dan pada kehamilan lanjutan ditentukan posisi, konsistensi, pendarahan, dan pembukaan leher rahim.
- Pemeriksaan terhadap janin, meliputi : denyut jantung janin, posisi, dan bagian janin paling rendah, gerakan janin, besarnya janin, keadaan plasenta, serta banyaknya air ketuban.

Sebagai catatan berkaitan dengan pemeriksaan kehamilan ini adalah jika pada kehamilan cukup bulan, yaitu pada usia kehamilan 28 minggu ke atas, ibu tidak merasakan gerakan janin dalam kurun waktu sekitar 12 jam, segeralah berkonsultasi kepada dokter atau bidan untuk menghindari terjadinya resiko kehamilan yang membahayakan.

Hal lain yang perlu diketahui adalah, biasanya seorang dokter atau bidan akan menyarankan pasiennya untuk memeriksakan kondisi kehamilan secara teratur dan berkala dalam jadwal sebagai berikut:
* Pada awal kehamilan sampai dengan usia kehamilan 28 minggu, pemeriksaan dilakukan satu kali dalam satu bulan.
* Pada usia kehamilan 28 sampai dengan 32 minggu, pemeriksaan dilakukan satu kali dalam tiga minggu.
* Pada usia kehamilan 32 sampai dengan 36 minggu, pemeriksaan dilakukan satu kali dalam dua minggu.
* Pada usia kehamilan 36 sampai dengan 40 minggu, pemeriksaan dilakukan satu kali dalam satu minggu.

Perlu anda catat pula bahwa jadwal ini tidak berlaku mutlak, tergantung pada kondisi kehamilan atau kesehatan ibu dan janin, atau sesuai anjuran dokter atau bidan yang menangani.

Demikian tips yang dapat saya bagikan mengenai hal-hal penting yang harus diketahui oleh para calon ibu di masa awal kehamilan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tips berikutnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar