Kamis, 06 September 2012

Persiapkan Keuangan Anda Jelang Masa Kehamilan

Persiapan berikutnya setelah Persiapan Fisik yang harus kita persiapkan adalah Persiapan Finansial.

Berikut ini, ada beberapa tips yang dapat anda gunakan sebagai acuan dalam merencanakan biaya kehamilan anda:
1. Kehamilan merupakan hal yang bisa diperkirakan
    Biaya kehamilan merupakan bagian dari biaya kehidupan berumah tangga. Anda tentunya ingin anak anda mendapatkan sesuatu yang terbaik dalam bidang apapun. bicarakanlah masalah mengenai biaya kehamilan dengan pasangan anda, bahkan bila memungkinkan sebelum anda menikah.
2. Biaya Kesehatan
    Dalam hal ini khususnya biaya konsultasi dan melahirkan. Carilah informasi mengenai apa saja yang menjadi standar kebutuhan pada saat hamil dan melahirkan. Jangan sampai terlalu berlebihan. Jangan segan-segan untuk bertanya kepada siapa saja yang memberikan informasi penting bagi anda, termasuk pihak klinik atau rumah sakit.
3. Pendapatan pasangan suami istri
    Bagi anda yang berpenghasilan besar, maka besar atau kecilnya biaya melahirkan tidak akan menjadi masalah. Namun, bagi anda yang memiliki penghasilan pas-pasan atau kurang, maka ini akan menjadi masalah. Usahakanlah untuk memilih fasilitas kesehatan dan melahirkan yang sesuai dengan pendapatan         anda. Sesuatu yang baik tidak selalu harus mahal. Yang paling banyak berperan dalam menjaga kehamilan anda adalah anda sendiri, khususnya sang ibu, karena janin itu ada di dalam kandungan anda. Makanan-makanan bergizi penunjang kehamilan dengan harga terjangkau sangat banyak terdapat di sekitar anda. Untuk ini, jangan terlalu khawatir. Pandai-pandai lah dalam memilihnya dan pandai-pandai lah dalam mengelola keuangan anda.4. Harga, kualitas, dan reputasi
    Berkaitan dengan penghasilan anda, maka perhitungkan mengenai harga, kualitas, dan reputasi menjadi sangat penting. Jika anda memang mampu, maka mungkin tidak menjadi masalah bagi anda dalam memilih fasilitas kesehatan yang berkualitas tinggi dengan reputasi yang tinggi pula. Tetapi perlu anda ketahui bahwa sekarang ini banyak klinik-klinik yang baik yang memberikan kualitas pelayanan yang baik dengan harga terjangkau. Puskesmas sekalipun sekarang ini banyak yang sudah memiliki fasilitas yang baik dengan tenaga-tenaga profesional. Sekali lagi, jangan sampai anda terjebak hutang karena memilih fasilitas-fasilitas yang diluar jangkauan anda hanya untuk jaga gengsi.
5. Hal-hal yang tak terduga
    Persiapkan selalu diri anda terhadap hal-hal yang tak terduga semasa kehamilan. Seperti yang telah dikemukakan, bahwa setiap kehamilan itu mengandung resiko, dan seringkali resiko ini berarti biaya. Resiko kehamilan bisa diketahui dari awal sehingga bisa diperhitungkan berapa kira-kira biayanya. Misalnya,         biaya untuk operasi Caesar, harganya bisa diketahui dan dianggarkan.
6. Biaya-biaya pasca kelahiran
    Yang satu ini juga tidak kalah pentingnya. Persiapan untuk tempat tidur bayi, baju bayi, popok, selimut, dan keperluan bayi baru lahir lainnya cukup menyedot banyak biaya. Sekali lagi pertimbangkanlah penghasilan anda dalam memilih keperluan bayi anda. Untuk memilih popok misalnya, jika memang kondisi keuangan mengharuskan anda menggunakan popok tradisional (yang bisa dicuci dan dipakai ulang), tidak jadi masalah. Lagipula popok modern (sekali pakai) kurang baik jika dipakaikan kepada bayi anda di iklim tropis seperti di Indonesia ini secara terus-menerus.

Jadi, pertimbangkanlah masalah persiapan keuangan anda, sebelum anda melahirkan bayi anda. Semoga tips tersebut dapat bermanfaat dan sampai jumpa di tips berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar