Selasa, 11 September 2012

Kapan Sebaiknya Memulai Konsultasi Kehamilan

Salah satu hal yang mungkin sering menjadi pertanyaan para pasangan yang sedang menghadapi kehamilan, khususnya bagi mereka yang baru pertama kali mengalami kehamilan adalah kapan sebaiknya mulai melakukan konsultasi. Waktu yang paling tepat sebenarnya adalah setelah anda tahu bahwa anda sedang hamil. Oleh sebab itu maka pengetahuan anda mengenai tanda-tanda dugaan kehamilan sangat penting, sehingga anda bisa segera menentukan kapan waktunya untuk segera berkonsultasi dengan bidan atau dokter. Jangan menunda-nunda untuk memeriksakan dan berkonsultasi kepada dokter mengenai kondisi janin dan diri ibu yang sedang mengandungnya. Semakin cepat diketahui kondisi janin dan ibunya akan semakin baik.

Begitu anda memutuskan untuk berkonsultasi kepada dokter atau bidan, hendaknya anda sudah menentukan terlebih dahulu dokter atau bidan manakah yang akan anda kunjungi. Jika anda sudah memutuskan satu dokter sabaiknya jangan berpindah, sehingga catatan rekor medis anda tertata rapi, kecuali jika memang terpaksa. Oleh karena itu maka sebelum anda memutuskan untuk berkonsultasi dengan dokter tertentu, sebaiknya anda cari dulu informasi dari orang-orang yang anda kenal dan percaya mengenai reputasi dokter atau bidan tersebut, supaya anda tidak harus berganti-ganti dokter. Dalam memilih tempat berkonsultasi ini perlu anda pertimbangkan juga mengenai lokasinya dari rumah anda, usahakanlah jangan yang terlalu jauh, supaya jika diperlukan anda sewaktu-waktu dapat dengan segera menjangkaunya.

Bagi pasangan yang baru pertama kali menghadapi kehamilan kadang kala tidak tahu apa saja yang perlu mereka tanyakan kepada dokter berkaitan dengan kehamilannya. Pasien biasanya bersifat pasif dan hanya mendengarkan penjelasan dari dokter. Beberapa contoh pertanyaan berikut jika anda tanyakan kepada dokter, mungkin akan berguna membantu anda menghadapi kehamilan dengan baik:

1. Tes apa saja yang perlu dilakukan selama kehamilan, dan mengapa masing-masing tes tersebut diperlukan?
2. Kapan jadwal melakukan masing-masing tes dan mengapa harus seperti itu?
3. Adakah obat-obatan tertentu yang perlu diminum selama kehamilan? Mengapa dan untuk apa?
4. Apakah ada suntikan tertentu yang perlu dilakukan? Apa saja dan untuk apa?
5. Bagaimana dengan hubungan seks. Apakah masih boleh dilakukan? Kalau boleh seperti apa batasannya?
6. Bagaimana dengan pekerjaan dan lingkungan di kantor? Apa saja yang perlu dihindari?
7. Kegiatan fisik apa saja yang masih boleh dilakukan?
8. Bagaimana dengan biaya-biaya dari semua prosedur dan pemeriksaan yang harus dilakukan?
9. Bagaimana dengan makanan, apa saja yang sebaiknya dikonsumsi dan tidak dikonsumsi? Mengapa?
10. Tanda-tanda seperti apa yang bisa dianggap sebagai membahayakan bagi kehamilan? Tindakan apa saja yang harus dilakukan untuk menghadapinya atau menghindarinya?
11. Jika ada kelainan tertentu, apa yang harus dilakukan?

Apabila diperlukan, anda boleh membawa catatan kecil saat anda berkonsultasi, dan catat hal-hal apa saja yang anda anggap penting.

Demikian tips mengenai kapan sebaiknya anda mulai berkonsultasi mengenai kehamilan anda. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tips berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar