Senin, 17 September 2012

Menjaga Kesehatan Fisik disaat Hamil



Setelah mengetahui hasil pemeriksaan dokter berkaitan dengan kesehatan fisik anda bukan berarti selesai. Selanjutnya anda perlu menjaga dan memelihara kesehatan fisik anda, terutama sang istri agar janin yang anda kandung juga selalu sehat. Berikut beberapa hal yang perlu anda perhatikan berkaitan dengan menjaga dan memelihara kesehatan semasa hamil:

Olah Raga
Jika anda biasa selalu berolah raga, pada masa hamil anda perlu memperhatikan olah raga yang sesuai dengan kemampuan diri. Sementara bagi yang tidak terbiasa berolah raga, ada baiknya segera memulai olah raga ringan yang sesuai untuk wanita hamil. Lebih baik lagi jika sebelumnya anda konsultasikan dulu kepada dokter mengenai hal ini. Olah raga bagi wanita hamil itu penting untuk mempersiapkan diri dalam memperjuangkan kelahiran yang membutuhkan energi luar biasa. Kebanyakan kasus sulit melahirkan juga dipengaruhi oleh kurangnya gerakan yang dilakukan sang ibu pada masa hamil. Otot-otot yang terbiasa diam begitu dipaksa berkontraksi pada saat melahirkan akan mengalami kejutan luar biasa sehingga terasa sangat sakit dan menyulitkan sang ibu. Tetapi jika otot-otot sudah terlatih berkontraksi, maka pada saat harus menghadapi proses melahirkan menjadi lebih mudah. Itulah sebabnya sering kali pada wanita olah ragawan atau yang berolah raga secara teratur proses melahirkan menjadi lebih mudah.

Menjaga Makanan
Mulailah membuat daftar menu makanan yang sehat dan terjangkau. Menu makanan sehat ini sangat diperlukan baik bagi sang ibu maupun janin yang dikandungnya. Suami harus berperan aktif melakukan hal ini. Jangan sampai membiarkan istri, khususnya yang mengalami sindrom kehamilan, karena tanggung jawab terhadap kesehatan dan kesempurnaan sang bayi ada di tangan kedua orang tua.

Menjaga Kesehatan
Setelah anda dinyatakan sehat, maka kesehatan tersebut perlu anda jaga dengan tidak membiarkan diri anda terkena atau tertular penyakit tertentu. Jagalah diri anda dari kemungkinan terserang virus atau bakteri.

Demikian tips yang dapat saya bagikan mengenai bagaimana menjaga kesehatan fisik di masa kehamilan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tips berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar