Rabu, 05 September 2012

Pemeriksaan Faktor Genetika

Pada ulasan sebelumnya, saya membahas tentang Persiapan Fisik yang mana persiapan fisik ini meliputi banyak hal, yang pertama juga telah dibahas, yaitu Pemeriksaan Kesehatan Fisik.

Pada ulasan kali ini, saya akan membahas tentang persiapan fisik yang kedua, yaitu :

Pemeriksaan Faktor Genetika
Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya penyakit dan cacat bawaan yang mungkin akan dialami bayi akibat diturunkan secara genetis dari salah satu orang tuanya. Khususnya apabila pasangan suami istri masih terkait hubungan persaudaraan. Selain itu,tes genetika ini juga dapat membantu kita menentukan jenis kelamin sang calon bayi yang kita inginkan.
Tes ini idealnya dilakukan sebelum kehamilan, tetapi anda juga bisa melakukannya pada masa kehamilan atau menjelang kelahiran. Yang terpenting adalah anda harus mencari informasi medis selengkap-lengkapnya dari seluruh sanak saudara kedua pihak suami dan istri.
Penyakit seperti diabetes atau penyakit yang mungkin dapat menurun lainnya harus kita perhatikan dengan menjaga pola makan dan dengan menjalani gaya hidup yang sehat. Karena perlu kita ingat bahwa penyakit keturunan bukanlah suatu penyakit yang 100% akan menurun kepada kita, melainkan kita memiliki kecenderungan yang kuat untuk menuruni penyakit tersebut.
Melalui pemeriksaan genetika ini, kita juga dapat memeriksakan tingkat kesuburan sang suami maupun istri, meskipun masalah kesuburan tidak selalu berarti bahwa ada faktor genetika yang menjadi sebabnya. Berikut beberapa solusi yang dapat anda pertimbangkan jika anda memang ingin hamil namun hingga kini belum berhasil:
1. Solusi non medis
a. memperhatikan asupan nutrisi
b. memperhatikan waktu dan cara senggama
c. memperhatikan berat badan
d. menjalankan pola hidup sehat
2. Solusi medis
a. terapi obat-obatan
b. terapi hormonal
c. terapi kehamilan

Demikian ulasan yang dapat saya bagikan kepada anda sekalian pada hari ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada ulasan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar